HIDUP BARU PENGIKUT KRISTUS




Injil Sinoptik

Pandangan Injil Sinoptik mengenai hidup baru bukan berbicara lahiriah, namun batiniah. Hidup baru berbicara mengenai Kerajaan Allah, dalam Kerajaan Allah berbicara tentang kondisi/otoritas bukan tempat. Allah yang sebagai Raja memimpin kerajaan Allah dan orang-orang percaya menjadi warga kerajaan Allah.
Jika seseprang berda dalam Kerajaan Allah ia harus mengikuti setiap aturan yang diberikan oleh kerajaan Allah yait Hidup baru. Kalau kita melihat dalam perjanjian baru seseorang dikatakan layak untuk masuk ke dalam suatu organisasi harus melakukan suatu syarat untuk masuk kedalam organisasi tersebut, contohnya orang ingin masuk ke organisasi yahudi harus melakukan baptisan. Demikian juga dengan masuk kedalam kerajaan Allah harus Hidup baru yang merupakan syarat mutlak.
            Hidup baru berbicara tentang kesempurnaan yang sama seperti Kristus, sempurna ini seperti bulatan melingkar yang penuh dan tak putus (TETELIOS). Jadi hidup baru berbicara tentang proses untuk mencapai kesempurnaan yang penuh dan ini bukan bersifat saat ini saja melainkan yang akan datang.
            Tulisan-Tulisan Yohanes
Dalam tulisan Yohanes kita akan menemukan kata tinggal di dalam dengan berada didalam Yesus hal ini muncul secara tersirat. Kata tinggal ‘ remain, stay’ yang berarti tinggal pada suatu tempatatau secara tepatnya menetap dan tidak berpindah-pindah. Berada didalam Kristus menyatakan eksistensi seseorang yang berada di dalam Kristus.
‘Tinggal’ bertujuan untuk berbuah, ibarat ranting tidak bisa berbuah kalau tidak tinggal didalam pohon, jika tak berbuah maka dipotong dan dibakar. Seperti yang terjadi pada zakheus dimana ia mengalamai keselamatan dan merespon keselamatan yang dari Allah, ia memakai hidup baru yang diberikan Tuhan kepadanya, kaena orang tinggal dalam Kristus harus sama seperti Kristus Hidup.

Kisah Para Rasul
Kata tinggal didalam tidak muncul dalam Kisah Para Rasul, namun ia tak nampak secara tersirat namun nampak dalam kehidupan jemaat mula-mula. Aktifitas Roh tampak dlam kisah para rasul kuasa Roh Kudus ysng memampkan jemaat mula-mula untuk menjalankan tuntutan-tuntutan moral dan etis tersebut yaitu Roh yang berdiam dalam diri mereka. kisah pra rasul memberikan contoh yaitu ananias dan safira yang melakukan kesalahan menunjukkan bahwa mereka tidak hidup didalam Roh.
Paulus
Karya keselamatan yang telah Yesus kerjakan bukan hanya melepaskan manusia dari dosa, menjadikan mausia memiliki hidup baru. Kontek hidup baru pandangan Paulus adsakag tidak berasal daru doktrin ‘makhluk’’ (creature) bau, tetapi dari ciptaan (creation) baru, seperti yang dinyatakan dalam 2 Kor 5:17 ‘’ jadi siapa yang ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang.
·         Mati dan Bangkit dengan Kristus
Surat Roma memberitahukan sejauh mana hidup baru dipengaruhi oelh apa yang ‘’pernah’’ terjadi di dalam Kristus. Dalam surat roma Paulus memunculkan pertanyaan mengenai hidup baru ‘’ bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karuna itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati terhadap dosa, bagaimanakh kita masih hidup didalamnya? (Rm 6:1-2)
Kematian jemaat terhadap dosa di ikuti dengan kalimat bukankah setiap orang yang telah dbabptis dalam kristus telah dibaptis dalam kematiann-Nya. Jemaat terlibta dalam sejarah-penebusan, saat Kristus mati, mereka mati, dan kematian-Nya adalah kematian mereka (Rm 7:4). Surat roma menunjukkan bahwa kita telah menjadi satu dengan Kristus. Telah menjadi satu menujukkan kita hidup di dalam kehidupan Kristus baik kematian dan kebangkitannya. Kristus adalah manusia yang tidak berdosa/ manusia sejati, ia menanggung dosa manusia. Kematian Kristus menyebabkan  manusia lama telah disalibkan supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya agar kita jangan menghambakan diri lagi kepadanya. Disni bukan berbicara masa lalu manusia melainkan modus eksistensi supranatural individual/ keberadaan, kekuasaan dosa telah dihancurkan dalam hidup manusia bukan hanya masa lalu melainkan masa kini dan masa yang akan datang, hal ini terjadi sebab Kristus telah menderita ‘dalam tubuh’ (Rm 7:4; 8:3; Kol 1:22), dan oleh semua ini Allah telah menghukum dosa dalam daging yaitu dalam daging Kristus (Rm 8:3; Ef 2:14).
Kristus telah mati bagi dosa sekali untuk selamanya dan kematian-Nya itu Kristus merdeka dan lepas dari kuasa dosa dan setelah bangkit, Kristus hidup bagi Allah, seturut perintah-Nya, untuk melayabi-Nya. Sama halnya dengan Kristus manusia telah mati bagi dosa dan hidupnya bagi Allah, manusia tidak melayani dosa melainkan melayani Allah (Roma 6:11-12).
Bukan hanya mati bersama Kristus manusia juga bangkit bersama Kristus, kematian Kristus membebaskan manusia dari dosa dan hukum Taurat. Kebangkitan Kristus yaitu agar mereka hidup bagi Kristus (Gal 2:19). Hidup baru dimulai dari kebagkitan Kristus (Ef 2:4) yaitu hidup baru yang keluar dari kubur bersama Kristus, naik kesorga bersama Dia, tersembunyi disana dan ketika Yeus datang kelak kita juga bersama dengan Dia (Kol 3:1).
Hidup baru datang dai Injil (2 Tim 1:10) yaitu yang telah di kerjakan Allah dalam Kristus yaitu dalam kematian dan kebangkitan Kristus atau hidup baru orang Kristen adalah Yesus itu sendiri (Ef 2:6; Flp 3:20; Kol 3:30).
·         Hidup Oleh Roh
Orang yang percaya masuk dalam kontek hidup yang baru di dalam Kristus, yaitu hidup yang berada dalam pimpinan Roh, dan cara hidup mereka harus berpadaan dengan tempat mereka berada di bawah kedaulatan baru yaitu Kristus yang bersifat menebus. Itu berarti hidup merka harus hidup menurut Roh dan dipimpin oleh Roh.
Hidup oleh Roh bukan hanya berbicara tentang Kristus-Jemaat dan Roh-Jemaat atau berada di dalam Kristus atau berada dalam Roh, tetapi sebagai tinggalnya Kristus dan tinggalnya Roh di dalam Jemaat. Roh bukan hanya Dia yang di bawah kuasa-Nya kita hidup, tetapi Roh juga eksistensi actual dari orang yang percaya. Sebagai Roh dari Allah yang hidup, Ia menghidupkan dan memberi hidup yang kekal, Ia adalah Roh kelahiran baru dan pembaharuan dalam batin.
Hidup baru jemaat di sangta di pengaruhi oleh hidup oleh Roh sebab Roh memesakan mereka dari kuasa Tuarat dan Roh memberikan pengudusan, Roh mengajarkan hukum Moral, Roh Menuntun kepada Allah dan Roh yang mampu meyelami hal-hal terdalam dari diri Allah dan memberitahukannya kepada jemaat agar mereka tahu apa yang telah Allah berikan kepada mereka (1 kor 2) Ia membuat jemaat kuat dalam pelayanan (Rm 12; 1 Kor 12 dan 14). Semua ini menunjukkan betapa luas karya Roh Kudus dan betapa Paulus mengaitkan seluruh hidup baru, baik asal, realisasi, maupun konsumasinya, kepada Roh” kepada karya, kuasa dan anugerah-Nya
·         Manusia Baru
Karya Roh Kudus telah memperbaharui kita .sebab mati bersama Kristus berarti manusia lama kita telah disalibkan dengan-Nya, dan berada dalam Roh mencakup pengenaan manusia baru atau manusia rohani (1 Kor 2:14).
Bagian Alkitab PB lainnya
Dalam pembicaraan tentang hidup baru dalam kitab PB lainnya menunjukkan tidak secara tersurat meliankan tersirat dimana itab PB lainnya menunjukkan peran Roh Kudus dalam pertumbuhan Jemaat Kriaten Mula-mula. JEMAAT Kristen mula-mula dituntut untuk memakai hidup baru yang pengirngan kepada Yesus meskipun banyak penderitaan dan ajaran palsu yang ingn menyesatkan mereka namun Roh Kudus menjadi penolong untuk melakukan segalanya.


0 Response to "HIDUP BARU PENGIKUT KRISTUS"

Posting Komentar