MENGAPA HARUS BERKHOTBAH?



Kita harus mengetahui bahwa berkhotbah itu untuk keselamatan jiwa manusia, kita berkhotbah karena Yesus juga melakukan-Nya. Kita berkotbah karena Tuhan juga melakukannya Alkitab menyatakan ada 8 hal mengapa kita mesti berkhotbah.
A.    Berkhotbah itulah jalan satu-satunya yang Tuhan telah tetapkan untuk mengabarkan Injilnya secara teratur.
1.      Rumusan Perintah Allah untuk berkhotbah
Perintah Allah untukberkhotbah adalah untuk keselamatan jiwa manusia (Roma 10:13-15).Allah memberikan Firman-Nya yang di sampaikan oleh para penginjil dan kepada semua orang sehingga percaya dan di selamatkan.
2.      Perintah Allah diberikan
Tuhan memerintahkan kita untuk memberitakan Firman-Nya kepada segala Bangsa (Matius 28:18-20) ada empat segala yang di perkatakan Yesus, Segala Kuasa-Nya, Bangsa, Pengajaran-Nya dan Segala zaman, tiappengkhotbah dan penginjil harus berani memberitakan injikkarena Tuhan telah memberikan Kuasa (Kis 1:4-9).
3.      Perintah Tuhan ini dijalankan
Pengkhotbah dan penginjil banyak tidak menjalankan pengkabaran injilmerekahanya berbicara saja tanpa dipenuhi dengan kuasa Roh kudus,merekahanya mementingkan jabatan dan kedudukan. Dalam gereja Tuhan mula-mula mereka begitu antusias dalam pengkabaran Injil sekalipun mereka dianiaya mereka tetap mengkabarkan injil sehingga banyakjiwa yang memperoleh keselamatan.pengkabaran injil haruskita jalankan.
B.     Berkhotbah itulah bersaksi dari hal kebenaran Injil Tuhan.
1.      Apa artinya Kesaksian
Orang yang bersaksi adalah orang yang menceritakan sesuatu yang ia telah melihat, mendengar, mengalami atau mengetahuinya. Bersaksi tentang kematian dan kebangkitan Yesus dan kedatangan-Nya yang kedua kali dimana kita dijadikan Saksinya dengan kuasa RohKudus sehing kita menjadi saksi yang hidup.
2.      Maksud Kesaksian
Kesaksian kita mengandung penyataan Allah yang diberikan kepada kita,kita bersaksi karena kita telah melihat mendengar dan mengalami. Injil menjadi saksi Kristus didunia ini dimana kita harus menyampaikan untuk membawa manusia kepada keselamatan, jika ditolak maka ia akan menuju kepada kebinasaan yang kekal. (Yoh 3:36; Mat. 12:41-42. Yeh 2:5-7)
3.      Kesaksian Injil itulah Pernyataan kebenaran Allah kepada manusia
Injil adalah kebenaran Allah yang harus kita sampaikan sebab itu dalah sabda-Nya yang hidup yang membawa kepada keselamatan dan menyatakan kebenaran Allah.
4.      Kesaksian Injil adalah Kesaksian Gereja Tuhan Pertama
Gereja zaman sekarang lebih mementingkan sosial dan moral tidak ada yang mementingkan penginjilan mereka hanya menyampaikan filsafah agama, berbda dengan Gereja Tuhan pertamamerekapenuh dengan kuasa menyampaikan Injil Tuhan, pengkabaran injil itu mengusir setan melakukan mujizat-muzijat yang besar hal inilah yang dilakukan Paulus, Petrus dan Stefanus (KisahPara Rasul).apakah hasil dari khotbah kita, itu terserah Allah sebab Allah yang menumbuhkan, kita hanya menabur, menanam dan menyiram (1 Kor 3:5-7)
C.     Berkhotbah itulah jalan yang ditetapkan Allah untuk membangun Iman Jemaat Tuhan
1.      Iman itu mendahului pernyataan Allah : hanya dengan Iman kita dapat mengenal Allah, mengerti kebenaran Allah, bersekutu dengan Allah, menerima segala berkat Allah dan dengan Iman kuasa Allah dinyatakan.
2.      Iman itu mempunyai satu tujuan : Iman adalah jalan yang menhantarkan kita kepada Kristus, tujuannya adalah Kristus.
3.      Iman adalah Syarat Mutlak untukmendapat keselamatan
D.    Berkhotbah itulah jalan yang ditetapkan Allah untuk mendatangkan kelahiran baru kepada orang berdosa
Tak ada orang yang boleh masuk Kerajaan Sorga jikalau ia tidak dilahirkan baru oleh Rohul Kudus, maka dari itu kita harus berkhotbah.
1.      Firman Tuhan itulah benih yang kekal (Ibrani 4:12;; 1 petrus 3:25)
2.      Firman Tuhan itu memberi hidup kepada kita (1 Petrus 1:23-25 ;; Yak 1:19)
3.      Firman Tuhan itu memperkembangkan hidup Rohani kita (1 Pet 2:1-2; 2 Pet 3:18)
E.     Berkhotbah itulah jalan yang telah di tetapkan Allah untuk membangun dan menyempurnakan iman Jemaat Tuhan.
Firman Tuhan itu mempunyai kuasa untuk menyempurnakan iman kita. Dalam 2 Tim 3:15-17 terdapat 7 perkara dalam Firman Tuhan yang bekerja dalam hidup kita.
1.      Ia memberi hikmat untuk diselamatkan
2.      Ia memberi pengajaran tentang iman kepada Tuhan
3.      Ia memberi tegoran untukperbaikan hidup kita
4.      Ia memberi nasehat dan koreksi sesuai dengan kehendak Tuhan
5.      Ia memberi petunjuk dan bimbingan kepada segala kebenaran
6.      Ia memberi segala keperluan menuju kepada segala kebajikan
7.      Ia memberi kekuatan rohani menuju kepada kesempurnaan
Firman Tuhan itu akan mendewasakan jemaat gereja dan membangun menyempurnakan iman jemaat Tuhan.
F.      Berkhotbah itulah suatu beban yang diletakkan Tuhan dalam hati kita
Kita berkhotbah bukan karena kita suka berbicara dan berbagi pengalaman atau di suruh oleh pimpinan gereja,melainkan karena hati kita terbeban untuk meyampaikan Firman Tuhan, sehingga kita berkhotbah penuh dengan kuasa Allah.
G.    Berkhotbah Itu suatu kewajiban Hamba Tuhan
Berkhotbah adalah kewajiban bagi seorang pengkhotbah, tidak peduli apapun yang ia perolah baik itu berkat ataupun penolakan, karena suatu hari nanti Tuhan meminta pertanggungjwaban kita.
H.    Berkhotbah itu suatu hutang yang harus dibayar oleh setiap hamba Tuhan
Tuhan telah menebus kita dan membenarkan hidup kita, Tuhan sudah memilih kita untuk memberitakan Firman-Nya kepada semua orang,oleh karena itu kita berhutang kepada Allah, karena setiap utang harus di bayar, jika tidak dibayar itu adalah dosa.

0 Response to "MENGAPA HARUS BERKHOTBAH?"

Posting Komentar