Apakah Roh Kudus sudah datang? Mari Pastikan

 
Renungan, Roh Kudus, pencurahan Roh Kudus

Selamat siang buat teman-teman sekalian, Renungan kita kali ini masih membahas topik Tentang Roh Kudus. Bagaimana kita dapat mengerti Karunia dan bahasa Roh mari belajar dari dasar tentang Roh Kudus. Mari kita mulai.



Apakah itu pentakosta? Dan apa yang terjadi pada hari pentakosta? Kata Pentakosta berasal dari kata Yunani ‘’Pentacoste’’ yang artinya hari kelimapuluh. Pentakosta adalah hari raya kelimapuluh yang dirayakan oleh bangsa Yahudi setelah hari raya paskah (Keluaran 34:22; Ulangan 16:9-11). Hari raya ini juga disebut hari raya menuai atau hari raya hulu hasil (Keluaran 23:16; Bilangan 28:26). 

Namun pentakosta yang terjadi di ruang atas Yerusalem adalah suatu pernyaan supranatural dimana murid-murid Tuhan dibaptis dengan Roh atau mereka dipenuhi dengan Roh Kudus.itu adalah penggenapan akan janji Allah. Di dalam perjanjian lama hanya kepada orang-orang tertentu saja Roh Kudus dicurahkan, tetapi sesuai dengan janjinya yang di sampaikan oleh Yoel di sebutkan bahwa Allah akan mencurahkan Roh-Nya keatas semua orang (2:28).

Sebelum kenaikan Yesus ke sorga Tuhan juga telah menjanjikan kepada murid-muridnya bahwa Roh Kudus akan datang untuk menyertai mereka dan tinggal didalam mereka. Janji Allah ini juga untuk kita seperti Petrus katakan,’’ Sebab bagikamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak orang yang dipanggil Tuhan Allah kita’’ (Kisah Para Rasul 2:38).

Siapakah Roh Kudus itu? Dan apa yang ia lakukan? Tuhan Yesus menjelaskan bahwa Roh Kudus adalah pribadi sebagaimana ia katakan: ‘’ seorang penolong yang lain’’ (Yohanes 14:16). Roh Kudus akan datang untuk menggantikan tempat Kristus dimana ia akan pergi kepada Bapa. Itu sebabnya Roh Kudus akan menyertai mereka dan tinggal didalam mereka selama-lamanya (Yohanes 14:12,17-18).Dari kata Parakletos kita dapat menggambarkan siapa itu Roh Kudus, yang di terjemahkan dengan kata:

    Penolong

Parakletos ada seseorang yang dipanggil di samping atau mendampingi untuk menolong mereka. Ini berarti Roh Kudus menolong kita untuk melakukan sesuatu atau hal-halyang tidak dapat kita lakukan untuk diri kita sendiri, termasuk ketika kita berdoa (Roma 8:26-27). Roh Kudus akan bersaksi bagi Tuhan (Kisah Para Rasul 1:8).

2 Penghibur

Kita di ingatkan bahwa pelayanan Tuhan selama di bumi bergantung sepenuhnya Roh Kudus. Dia tahu bahwa para Murid-Nya memerlukan. Kepergiannya Kesorga tidak membuat mereka yatim piatu (14:18). Yesaya menggambarkan ‘’seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikian aku ini menghibur kamu, kamu akan di hibur di Yerusalem’’ (Yesaya 66:13). Roh kudus menguatkan kita untuk menghadapi dinamika tantangan hidup dengan berani dan manjadikan kita dalam hidup dalam hidup dan pelayanan yang tidak mudah untuk menyerah.

3.    Penasehat atau pengantara

Parakletos atau pengantara digunakan untukmenyatakan seorang pengacara, seseorang yang mewakili kita di pengadilan dan berdiri dipihak kita atau berbicara dalam pembelaan kita. Ada begitu banyak masalah yang besardalam hidup dan pelayanan kita yang kita hadapi. Sebagai manusia kita lemah dan jatuh seperti imam besar Yosua ketika didakwa oleh iblis, tetapi Allah atau malaikat Tuhan memebela kita (Zakharia 3:1-8). Dalam bagian lain firman-Nya mengatakan,’’Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,melainkan oleh Roh-Ku, Firman Tuhan semesta alam.’’ (4:6).
Roh Kudus telah datang.

Kita memerlukan kehadiran-Nya setiap waktu.kita harus mengijinkan Roh Kudus memimpin kita setiap saat. Kita juga mau Roh Kudus menguasai kita saat ini dan sepanjang hidup kita.  

Demikian Renungan kita siang hari ini, maju terus dan semangat dalammenjalani Hidup Sebab kita tidak sendirian ada Roh Kudus yang menolong dan menyertai kita. dan jangan lupa baca juga Pembawa Kejujuran.GodBless




0 Response to "Apakah Roh Kudus sudah datang? Mari Pastikan"

Posting Komentar