Injil Sinoptik
Pandangan
Injil Sinoptik mengenai hidup baru bukan berbicara lahiriah, namun batiniah.
Hidup baru berbicara mengenai Kerajaan Allah, dalam Kerajaan Allah berbicara
tentang kondisi/otoritas bukan tempat. Allah yang sebagai Raja memimpin
kerajaan Allah dan orang-orang percaya menjadi warga kerajaan Allah.
Jika
seseprang berda dalam Kerajaan Allah ia harus mengikuti setiap aturan yang
diberikan oleh kerajaan Allah yait Hidup baru. Kalau kita melihat dalam
perjanjian baru seseorang dikatakan layak untuk masuk ke dalam suatu organisasi
harus melakukan suatu syarat untuk masuk kedalam organisasi tersebut, contohnya
orang ingin masuk ke organisasi yahudi harus melakukan baptisan. Demikian juga
dengan masuk kedalam kerajaan Allah harus Hidup baru yang merupakan syarat
mutlak.
Hidup baru berbicara tentang
kesempurnaan yang sama seperti Kristus, sempurna ini seperti bulatan melingkar
yang penuh dan tak putus (TETELIOS). Jadi hidup baru berbicara tentang proses
untuk mencapai kesempurnaan yang penuh dan ini bukan bersifat saat ini saja
melainkan yang akan datang.
Tulisan-Tulisan
Yohanes
Dalam
tulisan Yohanes kita akan menemukan kata tinggal di dalam dengan berada didalam
Yesus hal ini muncul secara tersirat. Kata tinggal ‘ remain, stay’ yang berarti
tinggal pada suatu tempatatau secara tepatnya menetap dan tidak
berpindah-pindah. Berada didalam Kristus menyatakan eksistensi seseorang yang
berada di dalam Kristus.
‘Tinggal’
bertujuan untuk berbuah, ibarat ranting tidak bisa berbuah kalau tidak tinggal
didalam pohon, jika tak berbuah maka dipotong dan dibakar. Seperti yang terjadi
pada zakheus dimana ia mengalamai keselamatan dan merespon keselamatan yang
dari Allah, ia memakai hidup baru yang diberikan Tuhan kepadanya, kaena orang
tinggal dalam Kristus harus sama seperti Kristus Hidup.
Kisah Para Rasul
Kata tinggal
didalam tidak muncul dalam Kisah Para Rasul, namun ia tak nampak secara
tersirat namun nampak dalam kehidupan jemaat mula-mula. Aktifitas Roh tampak
dlam kisah para rasul kuasa Roh Kudus ysng memampkan jemaat mula-mula untuk
menjalankan tuntutan-tuntutan moral dan etis tersebut yaitu Roh yang berdiam
dalam diri mereka. kisah pra rasul memberikan contoh yaitu ananias dan safira
yang melakukan kesalahan menunjukkan bahwa mereka tidak hidup didalam Roh.
Paulus
Karya
keselamatan yang telah Yesus kerjakan bukan hanya melepaskan manusia dari dosa,
menjadikan mausia memiliki hidup baru. Kontek hidup baru pandangan Paulus
adsakag tidak berasal daru doktrin ‘makhluk’’ (creature) bau, tetapi dari
ciptaan (creation) baru, seperti yang dinyatakan dalam 2 Kor 5:17 ‘’ jadi siapa
yang ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu
sesungguhnya yang baru sudah datang.
·
Mati
dan Bangkit dengan Kristus
Surat
Roma memberitahukan sejauh mana hidup baru dipengaruhi oelh apa yang ‘’pernah’’
terjadi di dalam Kristus. Dalam surat roma Paulus memunculkan pertanyaan
mengenai hidup baru ‘’ bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin
bertambah kasih karuna itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati terhadap
dosa, bagaimanakh kita masih hidup didalamnya? (Rm 6:1-2)
Kematian
jemaat terhadap dosa di ikuti dengan kalimat bukankah setiap orang yang telah
dbabptis dalam kristus telah dibaptis dalam kematiann-Nya. Jemaat terlibta
dalam sejarah-penebusan, saat Kristus mati, mereka mati, dan kematian-Nya
adalah kematian mereka (Rm 7:4). Surat roma menunjukkan bahwa kita telah
menjadi satu dengan Kristus. Telah menjadi satu menujukkan kita hidup di dalam
kehidupan Kristus baik kematian dan kebangkitannya. Kristus adalah manusia yang
tidak berdosa/ manusia sejati, ia menanggung dosa manusia. Kematian Kristus
menyebabkan manusia lama telah
disalibkan supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya agar kita jangan menghambakan
diri lagi kepadanya. Disni bukan berbicara masa lalu manusia melainkan modus
eksistensi supranatural individual/ keberadaan, kekuasaan dosa telah
dihancurkan dalam hidup manusia bukan hanya masa lalu melainkan masa kini dan
masa yang akan datang, hal ini terjadi sebab Kristus telah menderita ‘dalam
tubuh’ (Rm 7:4; 8:3; Kol 1:22), dan oleh semua ini Allah telah menghukum dosa
dalam daging yaitu dalam daging Kristus (Rm 8:3; Ef 2:14).
Kristus
telah mati bagi dosa sekali untuk selamanya dan kematian-Nya itu Kristus
merdeka dan lepas dari kuasa dosa dan setelah bangkit, Kristus hidup bagi
Allah, seturut perintah-Nya, untuk melayabi-Nya. Sama halnya dengan Kristus
manusia telah mati bagi dosa dan hidupnya bagi Allah, manusia tidak melayani
dosa melainkan melayani Allah (Roma 6:11-12).
Bukan
hanya mati bersama Kristus manusia juga bangkit bersama Kristus, kematian
Kristus membebaskan manusia dari dosa dan hukum Taurat. Kebangkitan Kristus yaitu
agar mereka hidup bagi Kristus (Gal 2:19). Hidup baru dimulai dari kebagkitan
Kristus (Ef 2:4) yaitu hidup baru yang keluar dari kubur bersama Kristus, naik
kesorga bersama Dia, tersembunyi disana dan ketika Yeus datang kelak kita juga
bersama dengan Dia (Kol 3:1).
Hidup
baru datang dai Injil (2 Tim 1:10) yaitu yang telah di kerjakan Allah dalam
Kristus yaitu dalam kematian dan kebangkitan Kristus atau hidup baru orang
Kristen adalah Yesus itu sendiri (Ef 2:6; Flp 3:20; Kol 3:30).
·
Hidup
Oleh Roh
Orang
yang percaya masuk dalam kontek hidup yang baru di dalam Kristus, yaitu hidup
yang berada dalam pimpinan Roh, dan cara hidup mereka harus berpadaan dengan
tempat mereka berada di bawah kedaulatan baru yaitu Kristus yang bersifat
menebus. Itu berarti hidup merka harus hidup menurut Roh dan dipimpin oleh Roh.
Hidup
oleh Roh bukan hanya berbicara tentang Kristus-Jemaat dan Roh-Jemaat atau
berada di dalam Kristus atau berada dalam Roh, tetapi sebagai tinggalnya
Kristus dan tinggalnya Roh di dalam Jemaat. Roh bukan hanya Dia yang di bawah
kuasa-Nya kita hidup, tetapi Roh juga eksistensi actual dari orang yang
percaya. Sebagai Roh dari Allah yang hidup, Ia menghidupkan dan memberi hidup
yang kekal, Ia adalah Roh kelahiran baru dan pembaharuan dalam batin.
Hidup
baru jemaat di sangta di pengaruhi oleh hidup oleh Roh sebab Roh memesakan
mereka dari kuasa Tuarat dan Roh memberikan pengudusan, Roh mengajarkan hukum
Moral, Roh Menuntun kepada Allah dan Roh yang mampu meyelami hal-hal terdalam
dari diri Allah dan memberitahukannya kepada jemaat agar mereka tahu apa yang
telah Allah berikan kepada mereka (1 kor 2) Ia membuat jemaat kuat dalam
pelayanan (Rm 12; 1 Kor 12 dan 14). Semua ini menunjukkan betapa luas karya Roh
Kudus dan betapa Paulus mengaitkan seluruh hidup baru, baik asal, realisasi,
maupun konsumasinya, kepada Roh” kepada karya, kuasa dan anugerah-Nya
·
Manusia
Baru
Karya
Roh Kudus telah memperbaharui kita .sebab mati bersama Kristus berarti manusia
lama kita telah disalibkan dengan-Nya, dan berada dalam Roh mencakup pengenaan
manusia baru atau manusia rohani (1 Kor 2:14).
Bagian Alkitab PB lainnya
Dalam
pembicaraan tentang hidup baru dalam kitab PB lainnya menunjukkan tidak secara
tersurat meliankan tersirat dimana itab PB lainnya menunjukkan peran Roh Kudus
dalam pertumbuhan Jemaat Kriaten Mula-mula. JEMAAT Kristen mula-mula dituntut
untuk memakai hidup baru yang pengirngan kepada Yesus meskipun banyak
penderitaan dan ajaran palsu yang ingn menyesatkan mereka namun Roh Kudus
menjadi penolong untuk melakukan segalanya.
0 Response to "HIDUP BARU PENGIKUT KRISTUS"
Posting Komentar